Tema : Digitalisasi
Kampus menuju World Class University
Sub Tema : Peran Civitas
Akademik di Era Teknologi Digital
Penulis : Muh. Junaedy
Saputra Jafar
Aksi Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (PPNP) di Negeri yang akan Maju terhadap Kemajuan Peradaban
Indonesia merupakan negara berkembang yang harus terus berupaya untuk
memajukan aspek pendidikan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang
semakin cepat, menuntut negeri yang akan maju ini untuk beradaptasi dengan
kemajuan peradaban di era teknologi digital yang mempengaruhi hampir di segala
bidang kehidupan. Tidak hanya beradaptasi, tetapi juga ikut membangun kemajuan
peradaban dan bersaing dengan negara maju lainnya dalam pengembangan dan
pemanfaatan teknologi digital.
Perguruan tinggi sebagai satuan pendidikan di Indonesia, di era teknologi
digital mengacu pada harapan memiliki kesetaraan atau sejajar dengan perguruan
tinggi kelas dunia yang dapat bertahan dan berkembang dari segala dampak
perubahan yang muncul. Langkah paling awal yang dapat dilakukan yaitu dengan
menyelaraskan Paradigma Tri Darma Perguruan Tinggi dengan era teknologi digital
saat ini. Selanjutnya mengoptimalkan potensi mahasiswa melalui
penelitian-penelitian, perlombaan sains, dan program pengabdian masyarakat
dalam mendukung pengembangan dan pemanfaatan teknologi digital. Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut perguruan tinggi menjadi lembaga yang
mampu menjawab kebutuhan masyarakat, dunia usaha, industri, dan pemerintahan.
Bidang pendidikan dan pengajaran, kegiatan interaksi belajar mengajar
antara dosen pendidik dengan mahasiswa dalam proses pembentukan kualitas
pengetahuan serta karakter dalam melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang
terampil. Perguruan tinggi melalui tenaga dosen pendidiknya, disiplin ilmu soft skill dan hard skill mahasiswa menjadi hal yang sama pentingnya untuk
diperhatikan dalam sistem pembelajaran. Selain itu, pendidikan digital melalui
sarana dan prasarana pendukung akan sangat bermanfaat sebagai bekal mahasiswa
untuk terbiasa dengan akses digital di lapangan kerja. Pendidikan digital
melalui sarana dan prasarana pendukung berupa pemanfaatan laboratorium komputer
dalam pengerjaan tugas kuliah mahasiswa, pemberlakuan beberapa pembelajaran e-learning serta seminar online bagi mahasiswa dalam menunjang
sistem pembelajaran tatap muka, dan segala pelaksanaan kegiatan pengurusan
administrasi perguruan tinggi yang dilakukan secara online oleh mahasiswa.
Bidang penelitian dan pengembangan, kegiatan yang menggiring dosen pendidik
dan mahasiswa untuk berpikir cerdas, kritis, dan kreatif dalam mengembangkan
ilmu dan teknologi. Mahasiswa diberikan ruang bebas untuk menciptakan inovasi-inovasi
baru khususnya pada pengembangan teknologi. Perguruan tinggi harus terus
berorientasi dengan dunia industri, dunia kerja, dan dunia usaha. Dalam hal
ini, peran dosen pendidik ialah mendidik mahasiswa agar menjadi lulusan yang
dapat mengikuti kemajuan peradaban tanpa meninggalkan kebudayaan, serta menjadi
penghubung kepentingan-kepentingan terkait yang paham kebutuhan pasar, baik
dalam skala yang kecil sampai dengan skala yang besar. Maka dari itu, dapat
dikatakan bahwa kualitas tenaga dosen pendidik sangat mempengaruhi kualitas
perguruan tinggi untuk menentukan lulusan yang berkompeten dan riset yang
dihasilkan.
Bidang pengabdian kepada masyarakat, kegiatan pengabdian merupakan gabungan
penerapan ilmu pengetahuan dan penelitian serta pengembangan yang dilakukan
secara nyata kepada masyarakat. Penelitian-penelitian yang dilakukan dosen
pendidik dan mahasiswa khususnya pada fokus pengembangan dan pemanfaatan
teknologi digital yang kemudian diterapkan dalam program bidang pengabdian
kepada masyarakat. Hal ini sangat mungkin untuk mendorong dan menaikkan level
perguruan tinggi di mata orang-orang yang diukur dari seberapa berpengaruhnya
aktivitas dosen pendidik dan mahasiswa kepada masyarakat dari riset serta
lulusan yang dihasilkan.
Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (PPNP) merupakan institusi
penyelenggara pendidikan tinggi vokasi jenjang D-III dan D-IV di Sulawesi
Selatan yang menghasilkan tenaga ahli madya serta tenaga ahli dalam bidang
perikanan, pertanian, dan peternakan. PPNP dalam beberapa pelaksanaan aktivitas
akademiknya, telah ikut dalam melakukan pengembangan dan pemanfaatan teknologi
digital serta memiliki beberapa sarana dan prasarana pendukung kegiatan
pembelajaran berbasis teknologi komputer. Salah satu diantaranya ialah
simulator kapal oleh jurusan Teknologi Penangkapan Ikan yang menaungi program
studi D-III Penangkapan Ikan, D-IV Pengelolaan Pelabuhan Perikanan, dan D-III Teknik
Kelautan. Simulator kapal tersebut sangat mendukung upaya pengembangan
kompetensi mahasiswa untuk melatih kemampuan menahkodai maupun menavigasi kapal
perikanan. Salah satu simulator berupa bridge
simulator yaitu simulasi ruang kendali kapal perikanan. Selain dapat
memangkas biaya pengeluaran kegiatan praktik mahasiswa dan potensi kecelakaan
saat berlayar, pengadaan simulator kapal ini membuka mata mahasiswa dalam
melihat pentingnya pengembangan dan pemanfaatan teknologi pada bidang
pendidikan yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai acuan penelitian
serta fokus mahasiswa juga ke dalam bidang kehidupan lainnya.
Sikap optimis dan disiplin dalam menjalankan semua proses tersebut, bukan hal yang tidak mungkin untuk PPNP dapat bersinar dan menjadi salah satu kampus kelas dunia. Sekalipun membutuhkan waktu yang mungkin lama dalam mewujudkan harapan tersebut, PPNP yang ikut berpengaruh baik kepada masyarakat dan membangun negeri dalam bidang pendidikan, sudah menjadi sebuah aksi bergerak maju dan menolak ketertinggalan peradaban.
keren.. sukses terus nak
BalasHapusaamiin.. porei
Hapus